Propellerads

Nih Gan Beberapa Istilah Dalam Dunia Epidemiologi

1. Carrier : Manusia atau hewan tempat berdiamnya agen menular dengan penyakit yang secara klinis tidak terlihat nyata, tetapi dapat bertindak sebagai sumber infeksi.
2. Contact : Orang atau hewan yang telah berhubungan atau melakukan kontak dengan orang lain atau hewan terinfeksi, atau dengan lingkungan yang terkontaminasi sehingga berpeluang memperoleh agen penyakit.

3. Case Fatility Rate :  persentase angka kematian oleh sebab penyakit tertentu, untuk menentukan kegawatan/ keganasan penyakit tersebut.
4. Chemopraphilaxis :Pemberian bahan kimiawi termasuk antibiotika, untuk mencegah pertumbuhan atau perkembangan infeksi menjadi penyakit.
5. Desinfection : proses mematikan agen penyakit menular dengan bahan-bahan kimiawi atau alat/cara yang bersifat fisik terhadap agen penyakit di luar tubuh inang.
6. Endemic : adanya penyakit atau agen menular yang berdiam/tetap dalam suatu area geografis tertentu yang selalu muncul dalam rentang waktu tertentu.
7. Epidemic : kejadian atau peristiwa kasus penyakit tertentu di dalam masyarakat yang jumlahnya lebih dari jumlah normal atau melebihi tresshold dari penyakit-penyakit tertentu.
8. Host : Manusia atau hewan hidup,dimana menjadi inang atau tempat tinggal agen menular.
9. Immunity : sistem mekanisme pada organisme yang melindungi tubuh terhadap pengaruh biologis luar dengan mengidentifikasi dan membunuh patogen umumnya disebut dengan antibodi.
10. Insidence Rate : nilai suatu hasil bagi antara jumlah penderita baru suatu penyakit dalam periode waktu tertentu dengan jumlah populasi yang telah ditentukan. contoh berdasarkan umur, jenis kelamin, atau sosial ekonomi.
11. Incubation Period : Lama waktu antara mulai terjadinya kontak (terpapar) dengan agen penyakit hingga munculnya gejala klinis.
12. Infection : masuk, bertumbuh dan berkembangnya agen penyakit menular dalam tubuh manusia atau hewan.
13. Isolation : proses pemisahan penderita kasus tertentu dengan sekitar selama proses penularan sebagai usaha untuk mencegah penularan langsung atau tidak langsung kepada orang yang rentan dengan penyakit tersebut.
14. Morbidity Rate :  angka kejadian insiden yang digunakan dengan memasukkan semua orang dalam populasi tertentu/yang diamati yang secara klinis menderita penyakit dalam satu batas waktu tertentu.
15. Mortality Rate : suatu angka yang dihitung dengan pembilang adalah jumlah orang yang meninggal dalam suatu populasi selama periode waktu tertentu, biasanya satu tahun.
16. Prevalance Rate : suatu angka dari hasil bagi antara jumlah orang yang sakit dalam suatu populasi tertentu selama jangka waktu tertentu tanpa memperhatikan kapan mereka mulai sakit dan sebagai penyebut adalah jumlah orang dalam populasi dimana kasus tersebut terjadi.
17. Resistence : proses mekanisme tubuh yang secara sistemik membuat penghalang atau rintangan untuk berkembangnya pembiakan agen penyakit menular atau kerusakan oleh racun yang dihasilkannya.
18. Surveillance of Disease : pengumpulan sistematis dan analisis data terus-menerus dan penyediaan informasi yang mengarah pada pengambilan tindakan untuk mencegah dan mengendalikan penyakit menular.
19. Suspect Case : orang yang mempunyai riwayat kesehatan dan tanda-tanda dimana dia mungkin menderita atau sedang terjangkit penyakit yang menular.
120. Virulence : tingkat patogenitas suatu agen penyakit menular, yang dinyatakan oleh angka kefatalan kasus.
Previous
Next Post »